Home » » Bagaimana menghindari ransomware 'WannaCrypt'

Bagaimana menghindari ransomware 'WannaCrypt'


Pembaruan dan perlindungan anti-virus adalah kunci untuk melindungi komputer Anda dari ransomware " WannaCrypt " yang menyebabkan malapetaka global, kata konsultan IT tengah.

Pada hari Jumat, putaran terakhir rumah sakit ransomware lumpuh di Inggris Raya dan mengganggu layanan komputer di Rusia, Ukraina, Spanyol dan India, serta Amerika Serikat.

"Hal nomor satu adalah memastikan sistem Windows Anda memiliki update terbaru, dan anti virus Anda memiliki definisi terbaru," kata Pat Rumbaugh dari Business Information Group of York, sebuah firma konsultasi TI.

Pengguna komputer harus ekstra hati-hati dengan email, katanya.

Jika Anda tidak mengharapkan email dari seseorang, jangan membukanya dan jangan balas, sarannya. Mungkin ada lampiran atau link tertanam yang terinfeksi. Hubungi orang tersebut dan tanyakan apakah mereka mengirim email, kata Rumbaugh.
Dalam lingkungan bisnis, perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki firewall dengan perlindungan ancaman lanjutan.

Di rumah, pengguna komputer juga bisa membeli firewall, tapi harganya minimal $ 1.000, katanya.

Jika Anda memiliki sistem operasi Windows yang lebih tua, manfaatkan penawaran gratis Microsoft yang tidak biasa untuk sistem ini.


Langkah-langkah ini akan mengurangi risiko ransomware menginfeksi komputer Anda, tapi itu bukan hal yang pasti.

"Tidak ada yang sangat mudah ... Orang-orang hacker dan virus selalu sedikit kedepan. Diperlukan perusahaan anti-virus untuk pemula," kata Rumbaugh.

Namun, beberapa virus sudah tua dan dapat dengan mudah dilindungi oleh firewall dan perangkat lunak anti-virus.

"Seperti mencuci tangan setiap hari di sekitar anak yang sakit, Anda harus membatasi paparan Anda," kata Rumbaugh.

Inilah tipnya bagaimana menghindari menjadi korban ransomware:

  • Waspada saat berhubungan dengan email.

Arahkan kursor ke atas alamat email untuk melihat apakah benar. Beberapa email bisa di-spoof dan hanya sebuah huruf yang berbeda dari yang benar.
Carilah petunjuk atau indikasi lain bahwa pesan tersebut tidak sah seperti kata-kata yang salah eja, tata bahasa yang buruk atau canggung dalam pesan atau nama domain aneh yang bisa menjadi satu huruf yang berbeda dari yang sebenarnya.

  • Download pembaruan Microsoft dan anti-virus.
  • Jika terinfeksi, jangan membayar tebusan.

Sebuah tanda sistem Anda telah terkena mungkin layar yang terbuka memberitahu Anda untuk memanggil nomor dan membayar jumlah tertentu, biasanya dalam mata uang bitcoin. "Dan biasanya akan memiliki timer," kata Rumbaugh. "Saya sarankan Anda tidak menghubungi mereka atau membayar," katanya. "Kalau begitu kita hanya mendanai usaha kriminal dan mereka hanya bisa melanjutkan."

  • Jika terinfeksi, lepaskan PC Anda, keluarkan baterai dari laptop Anda.

Lepaskan komputer Anda dari jaringan dan lepaskan dari dinding. Jika itu adalah laptop, tarik baterai keluar. Pengguna ransomware dapat dengan jarak jauh menyalakan komputer, kata Rumbaugh. Jika infeksi terjadi dalam lingkungan bisnis, hubungi departemen TI Anda.

  • Cadangkan komputer Anda.

Ancaman ransomware menunjukkan pentingnya memiliki data yang dicadangkan di komputer Anda, kata Rumbaugh. "Begitu Anda terinfeksi dan dienkripsi, Anda tidak bisa mendapatkan data kembali kecuali Anda memiliki cadangan."

  • Untuk mempelajari lebih lanjut : 

Minggu ini, Asosiasi eCommerce Pa mengadakan seminar yang akan segera diluncurkan mengenai keamanan cyber: 7:30 am-siang 18 Mei di Lancaster Harrisburg Area Community College dan 19 Mei di Orrstown Bank Community Center, 4750 Lindle Road, Harrisburg . Untuk mendaftar, email asosiasi di  info@paecommerce.com dengan tanggal sesi dan informasi kontak peserta atau kunjungi situs web eCommerce Pa.

0 komentar:

Posting Komentar