Home » » Safe Mode - Apa Artinya dan Cara Menggunakannya?

Safe Mode - Apa Artinya dan Cara Menggunakannya?


Apa itu Safe Mode? 

Safe Mode adalah mode startup diagnostik pada sistem operasi Windows .  

Apa itu safe mode yang digunakan? 

Safe Mode digunakan sebagai cara untuk mendapatkan akses terbatas ke Windows saat sistem operasi tidak berjalan normal.  

Cara Mengakses Mode Aman 

Safe Mode diakses dari Startup Settings di Windows 10 dan Windows 8, dan dari Advanced Boot Options di versi Windows sebelumnya.  

Lihat Cara Memulai Windows di Safe Mode untuk tutorial untuk versi Windows Anda.   Jika Anda dapat memulai Windows secara normal, namun ingin memulai di Safe Mode karena alasan tertentu, cara yang benar-benar mudah adalah membuat perubahan pada Konfigurasi Sistem. 

Lihat Cara Memulai Windows dalam Mode Aman Menggunakan Konfigurasi Sistem untuk mendapatkan petunjuk tentang melakukan hal itu.

Jika tidak satu pun metode akses Safe Mode yang disebutkan di atas, lihat Cara Memaksa Windows untuk Mulai Ulang di Safe Mode agar instruksi melakukan hal itu, walaupun Anda memiliki akses nol ke Windows sekarang juga.

Bagaimana Menggunakan Safe Mode 

Untuk sebagian besar, Safe Mode digunakan seperti Anda menggunakan Windows secara normal. Satu-satunya pengecualian untuk menggunakan Windows dalam Safe Mode seperti yang Anda inginkan adalah bagian Windows tertentu mungkin tidak berfungsi atau mungkin tidak bekerja secepat yang Anda gunakan.  

Misalnya, jika Anda menjalankan Windows di Safe Mode dan ingin memutar kembali driver, Anda akan melakukannya seperti yang akan Anda lakukan saat menggunakan Windows secara normal.

Pilihan Mode Aman 

Sebenarnya ada tiga pilihan Safe Mode berbeda yang tersedia.  

Memutuskan opsi Safe Mode yang akan digunakan bergantung pada masalah yang Anda hadapi. 

Berikut adalah deskripsi dari ketiganya dan kapan menggunakannya:  

Mode aman  

Safe Mode memulai Windows dengan driver dan layanan minimum mutlak yang memungkinkan untuk memulai sistem operasi.  

Pilih Safe Mode jika Anda tidak dapat mengakses Windows secara normal dan Anda tidak mengharapkan untuk memerlukan akses ke Internet atau jaringan lokal Anda.

Mode aman dengan jaringan  

Safe Mode with Networking memulai Windows dengan seperangkat driver dan layanan yang sama seperti Safe Mode namun juga mencakup layanan yang diperlukan agar layanan jaringan berfungsi.  

Pilih Mode Aman dengan Jaringan karena alasan yang sama seperti yang Anda pilih Safe Mode namun bila Anda memerlukan akses ke jaringan atau Internet Anda.  

Pilihan Safe Mode ini sering digunakan saat Windows tidak akan mulai dan Anda menduga Anda memerlukan akses ke Internet untuk mendownload driver, ikuti panduan pemecahan masalah, dll.

Safe Mode dengan Command Prompt  

Mode Aman dengan Command Prompt identik dengan Safe Mode kecuali Command Prompt dimuat sebagai antarmuka pengguna default, bukan Explorer.  

Pilih Safe Mode dengan Command Prompt jika Anda sudah mencoba Safe Mode tapi taskbar, Start screen, atau Desktop tidak terisi dengan benar.  

Ketersediaan Safe Mode Safe 

Mode tersedia di Windows 10,  Windows 8, Windows 7, Windows Vista , Windows XP , dan kebanyakan versi Windows yang lebih tua.  

Sedangkan di Safe Mode, latar belakang Desktop diganti dengan warna hitam solid dengan kata Safe Mode di keempat sudutnya. Bagian atas layar juga menunjukkan tingkat build dan service pack Windows saat ini .

0 komentar:

Posting Komentar